Cuti dan Kerjaan Akhir Tahun …..

Hampir terjadi di institusi manapun, bahwa akhir tahun akan disibukan dengan laporan pekerjaan tahun yang telah dilewati, dan seringkali banyak kegiatan yang belum tuntas. Fenomena ini sudah biasa terjadi apalagi di institusi yang besar dengan jumlah kegiatan, aset, dan sumber daya yang cukup banyak. Kesibukan ini akan semakin bertambah dengan adanya tanggal merah libur bersama, yang semakin memperpanjang kesempatan untuk dapat berlibur. Boleh jadi sebagian orang sangat menantikan hari libur tersebut, tetapi tidak sedikit pula orang yang khawatir dengan belum terselesaikannya beberapa pekerjaan karena dihadapkan dengan hari libur.

Apapun yang menjadi alasan banyak orang, datangnya hari libur tetap menjadi hari yang dinantikan oleh sebagian besar masyarakat. Aroma libur dan cuti sampai ke tempat kerja saya, sebagian besar pegawai kami juga menggunakan sisa cuti tahunan, untuk akhir tahun. Saya sendiri sebenarnya dari lubuk hati yang paling dalam sangat ingin sekali cuti, tetapi situasi dan kondisi yang belum memungkinkan untuk mengambil cuti, sementara keinginan untuk cuti di tunda sambil menunggu waktu yang tepat. Institusi ini sudah menjadi rumah kedua kami, sebagaimana sering saya sampaikan di beberapa kesempatan, saya rasa pendapat ini tidak terlalu berlebihan mengingat banyak waktu kami dihabiskan ditempat ini, dan saya juga merasa nyaman – nyaman saja.

Kebahagiaan memang tidak mutlak ketika kita bisa berada disekeliling orang – orang yang kita cintai, keluarga, dan pasangan kita, disaat libur, bagi saya kadang kala kebahagiaan juga muncul ketika saya bisa menyelesaikan pekerjaan secara tuntas. Pekerjaan yang sudah di tunggu banyak orang mengingat terkait dengan banyak kepentingan, pekerjaan kita yang menjadi bagian dari pekerjaan orang lain sehingga selesainya pekerjaan kita akan berpengaruh banyak terhadap selesainya pekerjaan orang lain. Hal yang lebih besar adalah apa yang kita kerjakan terkait dengan pihak eksternal, menyangkut kepentingan yang lebih luas, kepentingan institusi dalam hubungannya dengan banyak pihak, instansi lain, pemerintah, dan lebih luas adalah bangsa dan negara.

Akhir tahun yang yang akan dilanjutkan dengan pergantian tahun baru, banyak di tunggu – tunggu oleh masyarakat kita, bukan hanya saya mereka yang berstatus anak muda, tetapi juga orang tua yang menjadikan momen ini untuk bisa berkumpul dengan anak dan cucu. Cuti memang hak setiap orang, kehadirannya menjadi harapan tersendiri untuk melepas penat dan lelah, setelah sekian hari disibukan dengan berbagai aktifitas kerjaan. Berlibur bersama adalah dambaan setiap insan, melupakan sejenak segala rutinitas padat pekerjaan adalah cara kita merefresh diri untuk kembali bersemangat kerja, beranjak sejenak dari tempat duduk kerja, juga menjadi cara kita untuk mengusir kejenuhan.

Harapan besar juga akan muncul dari tempat – tempat usaha, kuliner, wisata, taman hiburan yang biasanya akan ramai dikunjungi para wisatawan, atau mereka yang ingin mencari sensasi tempat baru, hiburan baru, makanan baru, suasana baru, maka tidak jarang tempat – tempat seperti ini menjadi incaran banyak orang di akhir tahun. Bagi saya meski akhir tahun masih menyisakan pekerjaan yang belum terselesaikan, tetapi paling tidak, tidak terlalu berlebih, dan akan menjadi pekerjaan lanjutan yang akan bertumpuk sejajar dengan pekerjaan baru yang jauh lebih banyak dan berat. Pekerjaan dalam filosofi saya adalah seperti anak yang menuntut kita merawat, menjaga, dan menuntaskan dengan sebaik – baiknya, baik buruk, besar dan kecil, tumbuh atau layu akan berjalan sebagaimana proses kita dalam menaruh keyakinan bahwa pekerjaan akan terselesaikan tetapi tidak akan berakhir.

sungai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *